Anak yang cerdas adalah anak dengan nilai matematika bagus. Nilai IPA bagus. Pokoknya semua pelajaran nilainya bagus. Salahkah pendapat ini? Sama sekali tidak. lantas apa yang perlu dikoreksi dari pernyataan ini? jika boleh diibaratkan, menilai kecerdasan hanya dari nilai akademik semata ibarat meraba gajah baru kena belalainya dan berkesimpulan bahwa gajah adalah makhluk yang panjang dan bulat. padahal bagian dari gajah bukan hanya belalainya. maksud dari permisalan dalam kontek ini adalah bahwa kecerdasan bukan hanya dilihat dari nilai akademiknya saja.
Anda tentu sudah tahu tentang multiple intelegencies bukan? bahwa kecerdasan itu ada 8 macam. Yaitu kecerdasan logis, kecerdasan linguistik, kecerdasan kinestetis, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan naturalis, kecerdasan visual spasial. Selama ini yang paling sering diapresiasi khalayak termasuk masyarakat sekolah, adalah kecerdasan yang terkait dengan pelajaran akademik saja, lantas bagaimana nasib kecerdasan yang lain? Tidak adakah tempat untuknya?
Prospek Usaha Catering
5 years ago
0 comments:
Post a Comment